Selasa, 20 Agustus 2013

DIrektur RSU Datu Sanggul Rantau di Radar Banjarmasin Online

dr. H. PURWOKO, Sp. A
RANTAU – Sejak bulan September 2012 tadi hingga sekarang ada 15 orang dokter muda dari program internship  yang bertugas di Tapin. Dokter muda ini sebagian bertugas di BLUD Datu Sanggul dan sebagian di Puskesmas.
Hal itu diungkapkan oleh Direktur BLUD Datu Sanggul Rantau dr Purwoko kepada Koran ini. “Program internship dokter Indonesia ini merupakan program baru dalam alur profesi kedokteran di Indonesia. Dan ini sudah menjadi ketentuan dan diterapkan di negara lain sejak berpuluh tahun yang lalu,” ujar Purwoko.
Dibeberkan Purwoko, 10 orang dari dokter muda tersebut ditempatkan di BLUD Datu Sanggul Rantau dan sisanya di Puskesmas Banua Padang dan Tapin Utara. Para dokter muda ini merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Kristen Dwipayana.
“Dokter program internship ini akan bertugas selama 4 bulan di Puskesmas dan 8 bulan di BLUD Datu Sanggul,” ujar spesialis dokter anak ini.
Dikatakan Purwoko, di rumah sakit terkadang dokter jaga hanya satu orang saja. Sedangkan untuk berjaga setidaknya ada 3 kali jaga dan ada 3 orang dokter. Keberadaan dokter-dokter muda ini selama ini sangat membantu sekali di rumah sakit ini.
Disebutkan Purwoko, program internship ini merupakan proses pemantapan mutu profesi dokter, untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktek di lapangan.
“Program ini juga memberikan kesempatan kepada dokter baru lulus program studi pendidikan dokter berbasis kompetensi untuk menerapkan dan mempraktekkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan dalam rangka penyelarasan antara hasil pendidikan dan praktek di lapangan, menjadi tujuan dari program internship dokter Indonesia ini,” beber Purwoko.
Untuk diketahui, kata Purwoko dengan adanya program ini para dokter dapat memantapkan ilmunya, sesuai dengan kompetensinya sehingga dapat meningkatkan kualitas dokter. Termasuk bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
“Setelah para dokter muda ini selesai dari program internship, mereka baru dapat membuka praktek mandiri,” cetus Purwoko.
Saat ini di rumah sakit, para dokter muda tersebut ada yang membantu di poli gigi, poli umum, dan lain sebagainya. (nti/ij/abj)
sumber : http://www.radarbanjarmasin.co.id/berita/detail/46799/15-dokter-internship-bertugas-di-tapin.html
Free Backlinks